Selasa, 07 April 2009

DIKLAT JURNALISTIK SISWA SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH

Sekitar 60 siswa SMANDA Singojuruh meliputi kelas X dan XI yang dimotori oleh waka kesiswaan Asmuni Tarmidi, SE dan Staf kesiswaan Mastuki, S.S dan Helmy Rosyadi, mengikuti pelatihan jurnalistik dari team Radar Banyuwangi (RaBa) yang disampaikan langsung oleh Mas Gerda Sukarno dan Mas Orin.
Sebelum pelatihan dilaksanakan, dibuka terlebih dahulu oleh Kepala Sekolah H. Mujib, S.Pd. Dalam sambutannya mengatakan bahwa, pelatihan jurnalistik ini sangat berharga untuk pengembangan potensi siswa dalam bidang jurnalistik, dan saya programkan kegiatan ini dijadikan materi pengembangan diri. Bahkan H. Mujib berharap ke depan SMANDA memiliki tabloid sebagai ajang penyaluran kreativitas dan bakat siswa dalam bidang tulis menulis. Spontan para peserta diklat memberikan aplaus sebagai wujud kegembiraan jika SMANDA memiliki tabloid.
Diklat yang berlangsung pada tanggal 18 Maret 2009 berjalan sukses, peserta menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pelatihan. Materi yang disampaikan meliputi Pengertian Jurnalistik, hunting berita, penulisan berita, photografi, dan lay out. Mas Gerda Sukarno dan Mas Orin sangat gamblang dalam menjelaskan, peserta menjadi semakin tertarik mengikutinya. Ketika dibuka forum dialog, suasana semakin hidup dan berjalan dinamis. Berbagai pertanyaan muncul dari peserta diklat sebagai wujud rasa ingin tahu yang lebih dalam.
Setelah Diklat ditutup oleh Drs. Saiful Bahri, M.Si selaku waka Humas, team Ran Co SMANDA menyempatkan wawancara kepada Mas Gerda dan Mas Orin untuk memberikan kesan pesan. Beliau mengatakan bahwa, pelatihan di sini sangat menyenangkan, selama saya melaksanakan pelatihan jauh berbeda jika dibandingkan di tempat-tempat lain, peserta di sini benar-benar aktif dan kritis. Saya siap untuk didatangkan lagi jika kegiatan ini diprogram oleh sekolah.
Peserta diklat juga memberikan kesan pesan, seorang peserta Lailatul Muniroh kelas X (1) berharap pelatihan ini tidak hanya cukup sekali, saya merasakan ada manfaatnya yang sangat besar, hendaknya ini dijadikan kegiatan rutin yang harus direncanakan oleh OSIS atau Sekolah, pokoknya yang penting harus diadakan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar